Sabtu, 17 Januari 2009

Press Release!!!

Respito dibentuk pada tahun 2001 di kampus Jurusan Arsitektur Trisakti, dan awalnya sebuah band angkatan untuk tampil di acara-acara kampus. Awalnya terdiri dari Phep-Vokal, Duff-Gitar, Ricky-Drum, Hengky-Bass, tetapi seiring waktu berjalan pada tahun 2007, hengky mengundurkan diri dari respito. Dan hingga Saat ini respito terdiri dari Phep, Duff, Ricky serta Chandra sebagai additional bass sejak oktober 2008.

Kata Respito berarti “Khayangan” dalam bahasa Jawa Kuno, sedangkan dalam bahasa Tagalog memiliki arti “Respect” /rasa hormat tetapi dengan perkembangan perjalan dan perjuangan Respito selama bertahun-tahun untuk tetap dalam formasi yang sama, mereka menerjemahkannya dengan suatu makna yaitu Ressurection’s Pathway of Inner-truth Origin atau dalam bahasa Indonesia adalah Jalan kebangkitan menuju diri kita yang sesungguhnya. Yang merupakan suatu pencarian jati diri masing-masing personil dalam memilih musik sebagai jalan hidup mereka setelah sekitar satu setengah tahun vakum bermain musik ditahun 2005-2006

Respito menetapkan diri untuk bermain di genre Alternative Rock/ Grunge / Post-Grunge, dengan pengaruh band-band ternama seperti Pearl Jam, Nirvana, Foo fighters, Stone Temple Pilots, Incubus, Alter bridge, Creed, Extreme, Van Hallen, Queen, dan Led Zeppelin. kemudian berkembang mengikuti ajang festival musik lokal,dan nasional.

Dengan pengaruh band-band tersebut pada awal tahun 2005, Respito mulai membuat karya yang sesuai dengan karakter, visi dan misi Respito. Ditandai dengan self-release E.P pertama yang berjudul Respito 100%Nekadz yang berisi 6 lagu . Karena dirasa musikalitas dan sound yang dihasilkan masih terasa prematur, di penghujung tahun 2006, Respito mulai membuat rekaman baru dengan sound dan musikalitas yang lebih matang dari karya sebelumnya. Materi karya dari Respito saat ini adalah musik Alternatif rock dengan musikalitas dan balutan sound modern dipadukan dengan lirik-lirik metaforik, refleksi dari tema sosial yang ada di sekitar kita serta pengalaman yang dialami Respito selama ini. Proses rekaman baru ini menghabiskan waktu kurang lebih satu tahun termasuk proses pembuatan lagu hingga proses rekaman.

Respito berharap karya-karya mereka dapat diterima oleh para penikmat musik di seluruh Indonesia dan mungkin ada sedikit harapan bahwa musik serta lirik dari lagu-lagu respito dapat membawa suatu perubahan dan pencerahan moralitas dan semangat bersatu bagi bangsa Indonesia tercinta ini. Amien…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

urang beuki pisan band ieu...poooollll